Welcome to my blog :)

rss

Kamis, 06 Maret 2014

SEARCH ENGINE



A. PENGERTIAN SEARCH ENGINE ( MESIN PENCARI )
Pengertian Mesin pencari atau search engine adalah suatu program komputer yang dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan. Mesin pencari (search engine) semacam “penunjuk jalan” untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.
Mesin pencari akan berfungsi setelah mempunyai kriteria database yang dibuat sebelumnya dan akan menampilkan hasil sesuai dengan kriteria mesin pencari. Cara kerja mesin pencari adalah dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian kemudian mesin pencari akan bekerja melakukan pencarian di database serta menampilkan hasil akurat yang memuat kata kunci tersebut dari database yang ada. Jika pada database tidak ada kecocokan dengan kata kunci maka hasil tidak ditampilkan. 

Umumnya orang menyangka bahwa mesin pencari hanya digunakan pada internet, padahal mesin pencari (search engine) juga digunakan untuk dunia komputer lainnya termasuk pada software, operasi sistem, dan lain-lain. Sebagai contoh: Anda ingin mencari sebuah file yang tersimpan di hard disk komputer, maka jalan tercepat adalah membuka search pada operasi sistem yang dipakai lantas memasukkan kata atau frase yang diinginkan. Contoh lagi, apabila kita membuka program Photoshop kemudian ingin mengetahui kegunaan tools, maka dengan bantuan mesin pencari Photoshop (help), mungkin keinginan tersebut dapat terpenuhi. 

B. MESIN PENCARI INTERNET
Pada dasarnya sebuah mesin pencari adalah sama, namun di internet sedikit berbeda dibandingkan dengan software ataupun operasi sistem yang cenderung statis. Dinamika internet yang berubah dengan cepat dalam hitungan detik maka mesin pencari internet mempunyai algoritma tersendiri untuk menentukan hasil pencariannya. 
Mesin pencari internet (web) bekerja dengan cara menyimpan informasi dalam bentuk halaman web dengan jumlah yang sangat banyak ke dalam databasenya. Halaman web yang tersimpan dalam data base diambil oleh software (robot) web crawler, web spider atau nama lainnya yaitu semacam browser otomatis yang mengikuti setiap hyperlink yang ditemui pada halaman web kemudian dianalisa untuk menentukan cara mengindeksnya dalam database untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Algoritma mesin pencarian yang paling umum adalah url, judul, subjudul, konten, meta tag. Tentu saja masing-masing mesin pencari mempunyai algoritma pencarian yang berbeda. 
Sebagian mesin pencari, menyimpan seluruh atau sebagian halaman yang telah terindeks (disebut cache) maupun informasi tentang halaman web tersebut. Ketika seseorang menggunakan mesin pencari dan memasukkan kata kunci/keyword (query) selanjutnya mesin pencari akan mencari dalam indeks database dan memberikan daftar hasil halaman web beserta urutannya yang paling sesuai dengan kriteria algoritma.

C. SITUS MESIN PENCARI DAPAT DITEMUKAN DI INTERNET
ü  Google ( http://www.google.com/ )
ü  Yahoo ( http://www.yahoo.com/
ü  Bing (dulu MSN) ( http://www.bing.com/ ) 
ü  Live ( http://www.live.com )
ü  Altavista ( http://www.altavista.com ) 
ü  AOL ( http://www.aol.com ) 
ü  Altheweb ( http://www.althweb.com ) 
ü  Baidu ( http://www.baidu.com )
ü  Looksmart ( http://www.looksmart.com ) 
ü  Ask ( http://www.ask.com ) 
ü  Open Directory (http://www.dmoz.com/ ) 

D.  CARA KERJA SEARCH ENGINE
Terdapat 3 proses yang harus dilakukan sebelum data tersebut ditampilkan oleh search engine dihalaman pencarian, diantaranya :
1)         Webcrawling
       Mesin pencari menjelajah web untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait website yang terhubung dengan web.
2)         Indexing
       Mesin pencari menyusun informasi yang ditemukan tadi kedalam database untuk digunakan lagi ketika user melakukan pencarian.
3)         Searching
       Kata kunci (keyword) yang dimasukkan oleh pengguna akan dicocokkan dengan database yang dimiliki. Bila ada yang sesuai maka data akan disajikan, bila tidak maka kata kunci tersebut akan digunakan sebagai “misi baru” untuk menjelajah web. Harapannya, ketika pengguna menggunakan kata kunci tersebut, mesin pencari akan dapat menyajikan informasi yang diminta pengguna.

E.  FAKTOR UTAMA PEMILIHAN SEARCH ENGINE
1)         Kemudahan penggunaan
2)         Pilihan Bahasa / dukungan bahasa
3)         Kecepatan dan Keakuratan Hasil Pencarian

F.  BEBERAPA PERINTAH SYNTAX ( Khusus ) YANG SERING DIGUNAKAN DALAM PENCARIAN MELALUI GOOGLE :
1)      Intitle dan Allintitle
ü  Intitle berfungsi untuk mempermudah Google membatasi hasil pencarian pada halaman yang terdapat pada judul atau title.
do -> intitle:sistem informasi manajemen
hasil -> akan menampilkan halaman yang menggunakan judul sistem dan pada isi halaman terdapat kata informasi.
ü  Allintitle berfungsi untuk melakukan pencarian lebih dalam atau bila ingin mendapatkan hasil dari dua kata tersebut.
do -> allintitle:sistem informasi manajemen
hasil ->  akan menampilkan hasil pencarian hanya pada dua kata tersebut, yaitu sistem dan informasi.
Sintaks allintitle tidak dapat digabung dengan sintaks lainnya.



2)      Inurl dan Allinurl
ü  Inurl berfungsi untuk membatasi hasil pencarian pada URL yang mengandung kata kunci yang dikehendaki .
do -> inurl:sistem informasi manajemen
hasil -> akan menampilkan URL yang mengandung info tentang sistem dan informasi .
ü  allinurl: sama seperti allintitle, tidak dapat digabung dengan sintaks lainnya
do -> allinurl:sistem informasi manajemen
hasil -> akan menampilkan URL yang hanya mengandung info tentang sistem dan informasi .
3)      Site
Site berfungsi untuk menampilkan situs dengan ekstensi tertentu, misal .id, .com, .net, dll.
do -> sistem informasi manajemen site:ac.id
                 sistem informasi manajemen site:id

4)      Filetype
Filetype berfungsi untuk menampilkan sebuah situs yang memiliki file  tertentu. Format yang dapat dicari oleh Google antara lain: *.pdf, *.xls, *.doc, *.ppt, *.ps, *.swf, *.txt, *.rtf dll.

0 komentar:

Posting Komentar